Faktor Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari Secara Singkat

Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari - Dalam tata surya kita peredaran planet juga dilakukan oleh satelitnya terhadap matahari. Pada planet Bumi revolusi bumi terhadap matahari juga dilakukan oleh satelitnya yaitu bulan. Suatu saat peredaran bumi dan bulan berada pada satu garis lurus dan mengakibatkan terjadinya gerhana.

Penyebab Gerhana Bulan

Penyebab  Gerhana Bulan

Gerhana bulan dapat terjadi jika matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus atau bila bumi terletak di antara bulan dan matahari. Pada saat itu bulan menyilang bayangan bumi. Gerhana bulan sempurna berlangsung jika bulan lewat tepat pada ujung kerucut bayangan pusat (umbra), tetapi kalau bulan hanya lewat penumbra (daerah samping bayangan), maka yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian.

Penyebab  Gerhana Matahari

Penyebab  Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus atau bila bumi terletak di antara bulan dan matahari, atau bulan berada di antara bumi dan matahari. Di suatu tempat di bumi jika bulan tampak mengha-langi matahari sepenuhnya, maka terjadilah gerhana matahari total, sedangkan di tempat yang lain bila bulan hanya melintasi titik tengah matahari, maka yang terjadi gerhana matahari sebagian.

Sumber Referensi :
  • Geografi 1 : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Danang Endarto ; Penyunting Titik Haryanti ; Ilustrasi Haryana Humardani, Cahyo Muryono. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari Secara Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel