Peredaran Planet Dalam Tata Surya Menurut Para Ahli

Peredaran Planet Dalam Tata Surya Menurut Para Ahli - Dalam sistem tata surya planet-planet berputar mengelilingi matahari dengan peredaran yang teratur. Beberapa pandangan para ahli tentang peredaran planet dinyatakan dengan teori sebagai berikut.

1. Hukum Kepler

Kepler adalah penganut Copernicus, dia berusaha mencari bukti-bukti atas kebenaran anggapan teori Heliosentris, dan menyatakan teorinya sebagai berikut.

  • Hukum Kepler I : Lintasan tiap-tiap planet berupa elips dengan matahari di salah satu titik apinya.
  • Hukum Kepler II : Planet-planet bergerak sepanjang lintasannya dengan kecepatan sedemikian, sehingga dalam waktu-waktu yang sama garis-garis sinar matahari dan planet membentuk petak-petak yang sama luasnya.
  • Hukum kepler III (Hukum Harmoni) : Pangkat dua waktu peredaran (W2) tiap-tiap planet dalam mengelilingi matahari berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet dan matahari (d3).

Jika waktu beredar planet mengelilingi matahari adalah W, dan jarak rata-rata planet ke matahari adalah d, maka dari dua planet P  dan P  terdapat perbandingan. Hukum ini digunakan untuk menghitung jarak dari planet ke matahari, serta waktu peredarannya, dengan membandingkannya dengan bumi, yang jaraknya (d) ke matahari dan waktu peredarannya (W) telah diketahui. Cara ini banyak digunakan, karena lebih mudah dan lebih cermat daripada dengan mengukurnya langsung.

2. Hukum Titius-Bode

Cara lain untuk menentukan jarak antara planet dan matahari dengan menggunakan hukum Titius-Bode (1766) yang berbunyi : Jarak antara planet-planet dan matahari merupakan deret ukur : 0, 3, 6, 12, 24, 48 dan seterusnya (dengan mengecualikan suku pertama) dengan perbandingan dua, dan kemudian tiap-tiap suku ditambah dengan 4.

Sumber Referensi :
  • Geografi 1 : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Danang Endarto ; Penyunting Titik Haryanti ; Ilustrasi Haryana Humardani, Cahyo Muryono. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

0 Response to "Peredaran Planet Dalam Tata Surya Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel